RANCANG SISTEM DIREKTORI BERKAS ARSIP SISWA SEKOLAH DASAR

Moch Farid Fauzi

Intisari / Abstract


Sistem pengelolaan arsip memegang peran penting bagi jalannya suatu organisasi yaitu sebagai sumber informasi dan sebagai pusat ingatan organisasi. Pengelolaan arsip memotivasi peneliti untuk dapat mengembangkan sebuah sistem informasi pengelolaan arsip dengan menggunakan media komputerisasi. Sistem pengelolaan berkas arsip siswa yang ada di sekolah saat ini masih banyak yang masih menggunakan sistem manual, sehingga memerlukan ruang penyimpanan arsip yang lebar. Terkadang saat mendadak diminta oleh Dinas untuk mengumpulkan berkas seperti akte kelahiran, fotokopi Kartu Keluarga, dan kartu kesejahteraan, wali kelas memerlukan waktu beberapa hari untuk dapat mengumpulkan berkas tersebut tergantung dengan ketepatan siswa dalam mengumpulkannya. Untuk menginventarisasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode Action Research agar penelitian terpola dan tidak melebar dari pokok bahasan. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah prototype system sebuah rancang bagun sistem direktori untuk mendata dan menyimpan berkas arsip siswa di Sekolah Dasar. Sistem direktori ini diharapkan dapat memberikan alternatif solusi dalam mengelola dan menyimpan berkas arsip siswa secara digital untuk mempermudah kinerja dan pelayanan berkas arsip siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.