ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI “FUN 2D SHAPES LEARNING” BERBASIS MOBILE ANDROID

Mohamad Arif Sudarsono, Krisnawati Krisnawati

Intisari / Abstract


2D Bentuk adalah bangun dari daerah datar yang dibatasi oleh beberapa ruas garis. Jumlah dan segmen garis model yang membatasi bangun menentukan nama dan bentuk 2D Bentuk. Bahan 2D Bentuk adalah dasar materi matematika yang diperkenalkan di tingkat sekolah dasar (SD) dengan memperkenalkan jenis 2D Bentuk dan sifat-sifatnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pemanfaatan perangkat Smartphone sebagai pendamping dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sangat biasa untuk sebagian besar humanity.This didukung oleh fungsi Smartphone tidak lagi hanya fungsi dasarnya. Android sebagai sistem operasi yang dapat dioperasikan pada perangkat Smartphone memiliki kemampuan untuk dapat menginstal aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

Lihat pertimbangan, penulis ingin membangun sebuah aplikasi mobile berbasis android yang berisi bahan 2D Bentuk untuk Sekolah Dasar. Aplikasi ini Android diciptakan untuk membantu dan memfasilitasi para guru dan siswa dari sekolah dasar (SD) untuk mengetahui jenis 2D Bentuk, sifat 2D Bentuk, dan bagaimana untuk menghitung luas dan keliling 2D Bentuk.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Keegan, D. (2005). The incorporation of mobile learning into mainstream education and training, proceedings of the 4th World Conference on Mlearning, Cape Town, 25-28 October, Retrieved January 25, 2008. http://www.mlearn.org.za/CD/papers/keegan1.pdf

Nyiri, K. (2002, Aug.). Towards a philosophy of M-Learning . Paper presented at the IEEE International Workshop on Wireless and mobile Technologies in Eucation, August 29-30, 2002.

Quinn, C. (2000, Fall). mLearning: mobile, wireless in-your-pocket learning . LineZine: Learning in the New Economy e-magazine.

Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.