Penerapan Metode Forward Chaining Pada Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Tanaman Bunga Kamboja (Adenium)

Agtian Muhamad Ricky Tanshidiq, Anggit Dwi Hartanto, Donni Prabowo

Intisari / Abstract


Pada metode Forward Chaining, data digunakan untuk menentukan aturan mana yang akan dijalankan, kemudian aturan tersebut dijalankan. Dengan aturan metode inferensi dapat menghasilkan suatu kesimpulan dari beberapa gejala yang disebutkan. Metode Forward Chaining ini salah satunya dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit tanaman Kamboja (Adenium).
Tanaman Kamboja (Adenium) merupakan salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan oleh para pecinta tanaman. Seperti halnya tanaman lainnya, tanaman Kamboja dapat diserang hama sehingga menjadi penyakit tanaman. Banyak pecinta tanaman Kamboja yang tidak mengetahui penyakit apa dan bagaimana penanggulangannya jika tanaman Kamboja terserang penyakit.
Sistem pakar untuk tanaman Kamboja yang dibuat akan mempermudah para pecinta tanaman Kamboja untuk mengetahui informasi penyakit apa yang sedang menyerang dan bagaimana penanggulangannya. Dengan menerapkan metode Forward Chaining, gejala pada penyakit tanaman Kamboja diolah dengan aturan yang telah ditentukan, lalu diagnosa penyakit tanaman Kamboja dapat diketahui. Sistem pakar ini berbasis Android sehingga pengguna dengan mudah dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.