Penerapan Theorema Bayes Pada Sistem Pakar Penyakit Herniated Nucleus Pulposus (HNP)

Andhika Adhitama Gama, Anggit Dwi Hartanto, Bety Wulan Sari

Intisari / Abstract


Teorema Bayes digunakan untuk memecahkan masalah dengan menentukan nilai probabilitas hipotesis ahli dan bukti faktual yang diperoleh dari objek yang didiagnosis. Masalah yang terpecahkan di sini adalah sistem pakar penyakit Herniated Nucleus Pulposus (HNP). Penyakit ini dikenal sebagai "saraf kejepit" yang menyerang tulang belakang manusia, baik dari leher, punggung bagian atas atau punggung bagian bawah. Penyakit ini bisa menimbulkan penyakit lain seperti kelumpuhan lengan, tungkai, impotensi, dan kehilangan kendali untuk BAK dan BAB.
Implementasi Teorema Bayes ke sistem pakar HNP ini adalah evidence yang dipilih lebih dari satu dan ada empat macam diagnosis penyakit (Hipotesis). Dari rumus tersebut kemudian dikonversi ke bahasa pemrograman PHP yang digunakan oleh sistem pakar untuk menghitung probabilitas nilai gejala dan probabilitas penyakit sehingga akan menghasilkan kemungkinan diagnosis penyakit.
Sistem pakar HNP ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat untuk mengetahui gejala penyakit HNP yang harus dicegah sejak dini. Jadi jika perlu perawatan medis lebih lanjut, bisa ditangani lebih cepat. Informasi yang diberikan pada sistem pakar HNP ini bukan hanya diagnosis penyakit tetapi juga pencegahan dan penanggulangannya.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.