Sistem Pemantauan Suhu Udara Pendingin Pada Motor Pompa Pendingin Utama di PLTGU Tanjung Priok Menggunakan Arduino Uno R3

Rizqi Sukma Kharisma, Ana Priati

Intisari / Abstract


Sistem pendingin udara utama di PLTGU adalah sistem pendingin yang berfungsi untuk mengembunkan turbin uap ekstraksi uap di kondensor. MCWP (Main Cooling Water Pump) digunakan untuk mengalirkan air laut ke kondensor. Jika MCWP gagal dalam proses, produksi listrik yang dihasilkan oleh turbin uap akan berkurang sehingga akan terjadi pemadaman listrik di area tertentu dan tentunya akan mempengaruhi pendapatan perusahaan. Untuk mendapatkan antisipasi tersebut, telah dilakukan sistem pemantauan suhu motor pendingin udara pada pompa air pendingin utama di PLTGU Tanjung Priok menggunakan LM 35, Adruino Uno R3 dan GSM Sheild SIM900. Sistem ini bertujuan untuk mengetahui kondisi motor pompa pendingin primer dan terus memberikan informasi tentang Temperatur Motor Pendingin Udara sehingga analisis dan pemeliharaan motor pompa sistem pendingin utama dapat dijadwalkan.
Hasil dari sistem yang dibuat adalah perancangan sistem pemantauan suhu motor pendingin udara pada pompa air pendingin utama menggunakan sensor suhu LM35, Arduino Uno R3 dan GSM Sheild SIM900. Pemantauan suhu yang akan ditampilkan melalui LCD dan GSM Sheild SIM900 akan dikirim Short Message Service (SMS) jika nilai suhu yang diukur melebihi setpoint yang ditentukan (T> 80 0C) maka MCWP gagal dalam prosesnya. Data yang ditampilkan dapat digunakan untuk menganalisa pompa air pendingin utama.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.