SISTEM INVENTARISASI ASET TETAP (Studi Kasus SD N Sidomukti, Ambal, Kebumen)

Yuli Astuti, Aris Nugroho

Intisari / Abstract


Perkembangan dan kemajuan teknologi sekarang ini mempunyai pengaruh besar pada dunia usaha maupun dunia pendidikan khususya dalam bidang komputerisasi, yang umum digunakan sebagai pengolahan data dalam mempermudah sistem serta mendapatkan informasi yang akurat untuk dijadikan suatu keputusan. Sekolah Dasar Negeri Sidomukti merupakan salah satu instansi pemerintah daerah yang bergerak di bidang Pendidikan tingkat dasar, dimana dalam kegiatan administrasi inventarisasi aset tetap dilakukan dengan cara manual sehingga mengakibatkan keterlambatan proses administrasi barang-barang sebagai aset dari sekolah tersebut. Dengan demikian peniliti memberi solusi dengan membuat sistem inventarisasi aset tetap dengan harapan tidak lagi terjadi keterlambatan dalam proses pengolahan aset tetap. Pada sistem inventarisasi aset tetap ini menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh penggun, diantaranya input data barang berdasarkan Sub KIB (Kartu Inventaris Barang), input data detail barang, input pemutasian, input nilai ekonomis, laporan inventaris barang, laporan gudang, laporan nilai ekonomis dan laporan mutasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Haryadi, H, Administrasi Perkantoran.Jakarta,Visi Media.2009

Kusrini, Kaniyo, A.,Tujuan Praktis Membangun Sistem Informasi Akutansi dengn Visual Basic dan Microsoft SQL Server,Yogyakarta, Penerbit Andi, 2007

Madcoms.Aplikasi Terintegrasi Inventory dan Hutang Piutang dengan Basic 6.0 dann Crystal Report. Yogyakarta , ANDI, 2005

H.N. Sujarwo, Analisis Inventarisasi Aset Tetap Pada Pemerintah Kabupaten Bantul, Jurnal ABIS Accounting and Business Information Systems, Edisi: Volume 5, ISSN: 2302-1500, Agustus 2013.

G.T. Mardiani, Sistem Monitoring Data Aset Dan Inventaris PT Telkom Cianjur Berbasis Web, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), Vol.2 No.1, ISSN: 2089-9033, Maret 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.