Klasifikasi Konsentrasi Penjurusan Mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta

Hartatik Hartatik

Intisari / Abstract


Universitas AMIKOM Yogyakarta adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini jumlah mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta untuk jurusan S1. Informatika, S1. Sistem Informasi, D3. Manajemen Informatika dan D3. Teknik Informatika diperkirakan mencapai 12.000 mahasiswa. Jumlah ini jauh lebih banyak dari yang seharusnya yaitu 8.000 mahasiswa. Salah satu faktor yang menyebabkan membengkaknya jumlah mahasiswa adalah banyaknya mahasiswa semester akhir yang belum menyelesaikan skripsi atau tugas akhirnya karena ketidaksesuaian antara tema skripsi yang diambil dengan konsentrasi dan minat mahasiswa tersebut. Oleh karena dicoba dirancang suatu model menggunakan Algoritma Learning Vector Quantization (LVQ) untuk melakukan klasifikasi penentuan konsentrasi penjurusan yang tepat bagi mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan berdasar pada nilai matakuliah di semester 1 sampai dengan semester 4. Jumlah neuron input yang digunakan pada model ini sebanyak jumlah matakuliah wajib yang diambil oleh mahasiswa di semester 1 sampai dengan semester 4. Jumlah neuron outputnya sebanyak konsentrasi penjurusan yang telah ditentukan oleh Program Studi Informatika. Hasil dari penelitian berupa perancangan kebutuhan fungsional, DFD dan ERD dari sistem yang akan dibangun. dengan menggunakan 150 data latih dan 50 data uji didapat nilai akurasi sebesar 76%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


C.O. Walker, B.A. Greene, R.A. Mansell, “Identification with academics, intrinsic/extrinsic motivation, and self-efficacy as predictors of cognitive engagement”, Elsevier Journal of Learning and Individual Differences, vol. 16, pp. 1-12, 2006.

A. Bandura, “Human Agency in Social Cognitive Theory”, Journal of American Psychologist, vol. 44, no. 9, pp. 1175-1184, September 1989.

F.H. Tulangow, H.F. Wowor, Y.D.Y. Rindengan, Analisa Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi Minat Tugas Akhir Menggunakan Simple Additive Weighting Method di Program Studi Teknik Sipil UNSRAT, Jurnal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, Vol. 3, No. 1, 2014.

M.I. Dzulhaq, R. Imani, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi Jurusan Menggunakan Fuzzy Inferrence Sistem Metode Mamdani, Jurnal SISFOTEK GLOBAL, Vol. 5, No. 2, September 2015.

H. Sulistyanto, Nurgiyatna, A. Madina, Aplikasi Pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi Program Studi Bagi Mahasiswa UMS Dengan Menggunakan Analytical Hierarchy Process, Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) 2, 2014.

J. Wang, Y. Zhang, “Research on Prediction of Water Resource Based on LVQ network”, in IEEE, pp. 4047-4049, 2011.

N. Chen, A. Vieira, J. Duarte, “Cost-Sensitive LVQ for Bankruptcy Prediction: An Empirical Study”, in IEEE, pp. 115-119, 2009.

S. Kusumadewi, S. Hartati, Neuro-Fuzzy Integrasi Sistem Fuzzy & Jaringan Syaraf, ed. 2, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2010.

T. David, Action Research : a methodological introduction, Scielo Journal, Vol. 31, No. 3, pp. 443-466.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.