Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Kelapa Sawit Menggunakan Teorema Bayes

Acihmah Sidauruk, Ade Pujianto

Intisari / Abstract


Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman  yang memiliki daya tarik tersendiri di masyarakat. Saat ini perkebunan kelapa sawit di Indonesia berkembang sangat pesat. Kelapa sawit tumbuh dan dibudidayakan hampir di seluruh nusantara, Baik itu milik perseorangan atau milik perusahaan. Tanaman ini mengandung banyak khasiat membuat permintaan kelapa sawit menjadi terus  meningkat.

Sistem pakar adalah cabang kecerdasan buatan yang menggunakan pengetahuan khusus untuk memecahkan masalah pada level pakar. Salah satu penerapan sistem pakar adalah dalam bidang perkebunan untuk mendiagnosa penyakit pada tanaman. Pada penelitian ini dilakukan perancangan dan pembuatan sistem pakar yang digunakan untuk membantu mendiagnosa suatu penyakit pada tanaman sawit serta menentukan saran atau solusi pengobatan terhadap tanaman sawit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


G.A. adhitama., A.D. Hartanto. 2015. Sistem Pakar Deteksi Dini Penyakit Herniated Nuckeus Puposus (HNP) Berbasis Web Menggunakan Teorema Bayes. Thesis. STMIK AMIKOM Yogyakarta.

D.Puput Shinta., L.R. Dwi, L.R. Tri. 2015. Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Ikan Koi Dengan Metode Bayes, Jurnal KOMPUTA, Vol. 4, No. 1.

A.D. Yusa, 2016, Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia, Skripsi, STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Kusrini. 2016. Sistem Pakar Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta. Andi Offset.

Natalius, Samuel. 2010. Metode Naive Bayes Classifer dan Penggunaannya Pada Klasifikasi Dokumen. Skripsi, Prodi Sistem dan Teknologi Informasi : Institut Teknologi Bandung.

Dennis.,Wixom., Roth., 2006, Systems Analysis and Design, 3rd Edition Copyright 2006 © John Wiley & Sons, Inc. PowerPoint Presentation, All rights reserved


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.