Evaluasi Heuristic Sistem Informasi Pelaporan Kerusakan Laboratorium Universitas AMIKOM Yogyakarta

Mulia Sulistiyono

Intisari / Abstract


Sistem Informasi Pelaporan Kerusakan Laboratorium (SIPKL) berfungsi memberikan segala bentuk informasi kerusakan yang terjadi didalam laboratorium. Sistem ini berada di jaringan lokal Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan alamat rusaklab.amikom.ac.id dan mulai digunakan pada semester genap tahun 2014. Karena merupakan sistem yang baru, maka tentunya banyak sekali tanggapan dari para penggunanya yang terdiri dari : asisten praktikum, dosen praktikum, student staff/teknisi lab, serta laboran sehingga perlu ada evaluasi secara detail untuk mengukur kemudahan penggunaan website bagi user atau pemakai dari segi kemudahan dipelajari, digunakan, kepuasan dan tingkat efisiensi, hal ini berguna untuk kelangsungan dan pengembangan SIPKL kedepan. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur aspek usability pada SIPKL dengan metode sepuluh heuristic Nielsen. Metode ini digunakan untuk sistem evaluasi software komputer berbasis pengguna. System ini melibatkan evaluator untuk memberikan masukan kemudian dikategorikan dalam prinsip-prinsip heuristik. Evaluasi heuristic banyak digunakan pada perancangan dengan jangka waktu singkat dan dana yang terbatas. Dari hasil pengukuran menunjukkan terdapat masalah severety rating yang tinggi dengan poin akhir 3,50 yang diperoleh dari rata-rata nilai secara keseluruhan  pada semua aspek usability yang diteliti.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. Susanto, 2014 “Pemodelan Antarmuka Travel Recomender System (TRS) Berbasis Web dalam Bidang Pariwisata di Nusa Tenggara Timur,” Tesis Universitas Gadjah Mada.

Slameto, A.A,. Integrasi Sistem Informasi Laboratorium Dengan Menggunakan Pendekatan Service Oriented Architecture (SOA). Jurnal DASI Volume 16 No.3, 2015.

Prayoga, S.A.,Sensuse, D.I.,Analisis Usability Pada Aplikasi Berbasis Web Dengan Mengadopsi Model Kepuasan Pengguna (User Satisfaction), Journal of Information Systems, Volume 6, Issues 1, April 2010

Nimah,I., dkk., Evaluasi Heuristik Aplikasi Open Source Groupware Sebagai Solusi Praktis e-Government, The 13th Industrial Electronics Seminar 2011 (IES 2011) Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS), Indonesia, October 26, 2011

J. Nielsen, 1995 “101 Introduction to Usability,” Januari. [Online]. Available: www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-tousability/. [Accessed: 25-November-2016].

I. 9241-11:1998, “ISO 9241 Part 11: Guidance on Usability.” [Online]. Available: http://www.userfocus.co.uk/resources/iso9241/part11.html. [Accessed: 25-November-2016].

Badre, A. N. (2002). Shaping Web usability: interaction design in context. Boston: Addison-Wesley.

Suparmo , (2007), Uji Ketergunaan Situs Web jaringan Perpustakaan Asosiasi Perguruan Tinggi Khatolik Di Indonesia (APTIK) bagi Mahasiswa Yang Sedang Menulis Skripsi Pada tahun Akademik 2006/2007 Di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Tesis Magister, Universitas Indonesia. di akses 17 Desember 2016 dari http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/16089

Krisnayani, P., Arthana, I Ketut R., Darmawiguna, I Gede M., Analisa Usability Pada Website UNDIKSHA Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation, Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) Volume 5 Nomor 2,Tahun 2016.

Nielsen, J. Heuristics Evaluation. In Nielsen J. And Mack, R. L. (Eds.), Usablity Inspection Methods, Jhon Wiley & Sons, New York, USA. 1994

Farida, L.Dwi, “Pengukuran User Experience Dengan Pendekatan Usability (Studi Kasus: Website Pariwisata Di Asia Tenggara)”, SEMNASTEKNOMEDIA, 2016.

J. Nielsen, “How to Conduct A Heuristic Evaluat ion,” Januari, 1995. [Online]. Available: http://www.nngroup.com/articles/how-to-conduct-aheuristic-evaluation/. [Accessed: 25-November-2016].

J. Nielsen, “Ten Usability Heuristics,” Januari, 1995. [Online]. Available: http://www.nngroup.com/articles/how-to-conduct-aheuristic-evaluation/. [Accessed: 25-November-2016].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.