PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI HOTEL DI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN SVG

Putu Kussa Laksana Utama, Amir Fatah Sofyan

Intisari / Abstract


Sistem Informasi Geografis Lokasi Hotel di Yogyakarta Menggunakan SVG merupakan suatu sistem informasi yang mampu menyajikan informasi lokasi hotel kategori berbintang di Yogyakarta secara spasial maupun non-spasial. Sistem ini mampu memberikan suatu solusi dengan memvisualisasi obyek-obyek hotel tersebut ke dalam suatu peta digital. Sistem juga dilengkapi dengan fitur tambahan berupa fasilitas pengukuran jarak antara 2 titik obyek yang dapat berupa hotel, obyek wisata, dan landmark.
Sistem bekerja dengan cara menampilkan data-data spasial peta dan data-data non-spasial peta yang tersimpan dalam basis data. Dimana data-data non-spasial peta tersimpan dalam suatu RDBMS sedangkan data-data spasial peta tersimpan dalam format SVG (Scalable Vector Graphic). Penggunaan SVG dimaksudkan untuk mempercepat proses menampilkan gambar peta pada halaman browser karena SVG berbasis XML dan ukuran file nya yang kecil.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nuarsa, I W., 2005, Belajar Sendiri Menganalisis Data Spasial dengan ArcView GIS 3.3 untuk Pemula , PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Prahasta, E., 2005, Sistem Informatika Geografis: Konsep-konsep Dasar. Penerbit Informatika, Bandung.

Prahasta, E., 2004, Sistem Informasi Geografis: ArcView Lanjut Pemrograman Bahasa Script Avenue. Penerbit Informatika, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.