Rancang Bangun Sistem Informasi Untuk Mengatur Peredaran Stok Terhadap Transaksi Pada Perusahaan Retail

M. Fairul Filza, Ema Utami, Emha Taufiq Luthfi

Intisari / Abstract


Perusahaan retail pada jaman sekarang telah banyak meramaikan pasar Indonesia. Dengan berkembangnya perusahaan retail maka tidak menutup kemungkinan perlu dibangunnya sebuah sistem informasi dimana sistem tersebut harus mampu mengatur pergerakan dan peredaran stok dari setiap produk yang ada. Proses rancang bangun sistem ini akan dianalisa dengan metode value chain-porter. Analisa Value Chain dapat digunakan sebagai salah satu alat analisis manajemen untuk pengambilan keputusan strategis dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Sedangkan untuk perancangannya akan menggunakan rangka kerja zachman, sebab metode ini memberikan cara untuk memahami prosedur suatu pemetaan proses bisnis menjadi rancangan sistem bisnis, khususnya  Sistem Informasi. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah desain dari rancang bangun sistem informasi yang dapat di implementasikan kedalam perusahaan retail.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dorigo, Marco & Stutzle, Thomas, 2004, Ant Colony Optimization, The MIT Press, Massachusetts,

Hay DC. 2002, Requirement analysis: From business views to architecture. New Jersey: Prentice Hall.

Jogiyanto, HM. 2004, Sistem Teknologi Informasi. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

John Ward & Joe Peppard. 2002, Strategic Planning for Information System : Third Edition. England : John Wiley & Sons Ltd, diterjemahkan oleh Irwanto Susanto.

Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran Alih Bahasa Hendra Teguh, dkk Edisi 9 Jakarta : Prenhallindo Jakrata,

Pereira CM, Sousa P. 2004, A method to define an enterprise architecture using Zachman Framework. Di dalam: SAC’04 Proceedings of the 2004 ACM Symposium on Applied Computing; Nicosia, 14-17 Mar 2004. New York: ACM Press. hlm 1366-1371,

Utomo, Joko, 2009, Fungsi dan Peran Bisnis Ritel dalam Saluran Pemasaran, Dalam Fokus Ekonomi, Vol 4 No.1 Juni 2009 : 44-55, STIE Pelita Nusantara, Semarang.

Widarsono, Agus. 2011, Strategic Value Chain Analysis, Prodi Akuntansi Fakultas Pendidikan Ekonomi & Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia : Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.