Perancangan Aplikasi Online “Jogja Peduli” Berbasis Mobile untuk Penjaringan Aspirasi Publik terhadap Infrastruktur Sarana dan Prasarana Jalan dalam Perkotaan Daerah Istimewa Yogyakarta

Budi Yanto

Intisari / Abstract


Untuk mendukung layanan administrasi Pemerintahan yang terdokumentasi dengan baik, maka diusulkan perancangan Aplikasi Jogja Peduli dari DPRD DIY dalam rangka peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat DIY untuk menyampaikan informasi secara actual tentang penjaringan aspirasi publik terhadap pembangunan/ infrastruktur, sarana dan prasarana jalan dalam perkotaan DIY. Aplikasi ini nantinya akan dikelola oleh Petugas dan Tim Ahli yang telah ditunjuk oleh DRPD DIY, Warga DIY dan masyarakat umum dapat berperan serta dengan memberikan saran dan keluhan mereka melalui website, sms dan aplikasi smartphone.

Makalah ini menyajikan usulan sistem dari Pemerintah untuk masyarakat mencari informasi sarana dan prasarana serta memberikan saran dan kritik untuk meningkatkan layanan serta mempercepat informasi kerusakan sarana dan prasarana sehingga bisa menjadwalkan perbaikan  layanan Pemerintah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nataniel Dengen dan Heliza Rahmania Hatta dengan judul Perancangan Sistem Informasi Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten Paser, Jurnal Informatika Mulawarman Samarinda Program Studi Ilmu Komputer Volume 4 No. 1 Feb 2009.

Muhammad Yazdi, Implementasi WEB-Service pada Sistem Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Atap di Pemerintahan Kota Palu, Seminar Nasional Teknologi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012) Semarang, 23 Juni 2012.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.