TEKNOLOGI WEB SERVICE SEBAGAI PENGGANTI PENGUNAAN IP PUBLIK PADA ALAT PENGENDALI LAMPU JARAK JAUH

Donni Prabowo

Intisari / Abstract


Smart home system merupakan suatu system atau alat yang dapat digunakan untuk memonitor dan mengendalikan berbagai perangkat elektronik atau lampu rumah dari jarak jauh dengan menggunakan remote control atau perangkat bergerak. Pada umumnya smart home system mengharuskan pengguna untuk berlangganan IP Publik agar perangkat yang berada dirumah dapat dikontrol dimanapun selama masih terhubung dengan koneksi internet. Namun dikarenakan biaya langganan IP Publik di Indonesia masih cukup mahal maka belum banyak pengguna internet yang berlangganan IP Publik.

Dalam penelitian ini penulis akan menjabarkan penerapan teknologi web service sebagai pengganti penggunaan IP Publik pada alat pengendali lampu jarak jauh. Pada tahapan implementasi penulis akan menggunakan mini pc Raspberry Pi dan Bahasa Pemrograman Python yang diintegrasikan dengan web service yang ada di server hosting.

Pada akhirnya penulis akan menarik kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan dari segi performa maupun dari segi kemudahan perawatan tentangĀ  penerapan teknologi web service sebagai pengganti penggunaan IP Publik pada alat pengendali lampu jarak jauh.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.