PERANCANGAN PESAN RAHASIA APLIKASI SMS MENGGUNAKAN ALGORITMA RC6 BERBASIS ANDROID ( Studi Kasus: PT. Time Excelindo )

Jefrul Hanafi

Intisari / Abstract


SMS ( Short Message Service ) adalah pesan singkat yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat . tidak semua orang tahu bahwa keamanan jaringan di SMS ( Short Message Service ) sangat rendah . SMS merupakan media komunikasi yang tidak titik - to - point , belum tentu pesan yang dikirim langsung ke tujuan . data penting yang kirim via SMS mudah dibaca dan dicegat. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan algoritma kriptografi dalam aplikasi perangkat lunak atau SMS. Algoritma RC6 adalah algoritma dengan parameter kunci pribadi yang dapat bekerja pada beragam kunci. Algoritma RC6 Enkripsi sangat terkenal sekali dengan kesederhanaan yang dapat melakukan enkripsi dan dekripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi SMS pada smartphone yang tertanam dengan algoritma Rivest Code ( RC6 ) dapat melindungi informasi penting dengan benar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Indri. Defnidan, 2014, Enkripsi SMS (Short Message Service) Pada Selular Berbasis Android Dengan Metode RC6, http://ejournal.itp.ac.id/index.php/momentum/article/download/160/159, diakses pada28 Januari 2016.

Indra, Muhammad., Implementasi Algoritma RC6 Untuk Enkripsi Dan Dekripsi SMS Berbasis Android, Yogyakarta: Skripsi STMIK Amikom, 2014.

Ariyus, Doni., 2006, Kriptografi, Keamanan Data, dan Komunikasi. GRAHA ILMU.

Riadi, Muchlisin, 2012, Teori SMS (Short Message Service), www.kajianpustaka.com/2012/12/teori-sms-short-message-service.html, diakses pada 20 Mei 2016.

Fowler, Martin., 2005, UML Distilled Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Objek Standar. ANDI OFFSET.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.