PERANCANGAN DAN PEMBUATAN 3D MODELLING DENGAN TEKNIK CEL SHADING

Mei Parwanto Kurniawan

Intisari / Abstract


Animasi adalah sebuah film yang berasal dari gambar , animasi yang berubah menjadi gambar bergerak dan bercerita . Animasi dibagi menjadi 2 jenis seperti animasi tiga dimensi ( 3D ) dan dua dimensi ( 2D ) . Animasi 2D tidak lagi di dihasilkan karena tahap manufaktur teknis membutuhkan proses yang tidak sederhana dan sangat rumit. Selain itu juga membutuhkan waktu produksi yang panjang . Sementara animasi 3D lebih cepat diproduksi untuk aset modal da dapat menghasilkan karakter kisah animasi yang lebih mudah dan sederhana .

animasi 2D cukup familiar untuk konsumen televisi.  Proses pembuatan animasi 2D membutuhkan tantangan khusus karena pembuat animasi dituntut konsistensi dalam membuat bentuk animasi 2D. Selain itu mereka juga dituntut untuk bisa memproduksi kartun dengan cepat. Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah  menggunakan cel shading 3D untuk menghasilkan animasi 2D yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas 2D animasi secara konsisten. Penelitian ini akan mencoba mencoba membuat karakter 3D dengan teknik cel shading di aplikasi Autodesk Maya sehingga bisa  menghasilkan animasi dengan karakter 2 dimensi .

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fitri Nuraeni dan Ujang Falah Purnama. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus : PT BPR Arta Jaya Mandiri Tasikmalaya). Konferensi Nasional Sistem & Informatika, STMIK STIKOM Bali 2015.

Muhzachri, Bonar., “Perancangan film Kartun 3 Dimensi (jejak sang saka) dengan teknik realistic rendering untuk memberikan efek nyata pada animasi. ”STMIK AMIKOM. Yogyakarta. 2014.

Chris, B. 2011. 3-D (three dimensions or three-dimensional), http://whatis. techtarget.com/definition/3-D-three-dimensions-or-three-dimensional, diakses tanggal 15 November 2015.

Vaughan, William. 2011. E-BookDigital Modelling. USA: New Riders.

Sofyan, A.F., Purwanto, A., 2008, DIGITAL MULTIMEDIA: Animasi, Sound Editing, & Video Editing, Andi, Yogyakarta, Hal.1-4


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.