PENERAPAN CLOUD COMPUTING PADA WEBSITE PEMESANAN KAMAR KOST DENGAN MODEL LAYANAN SOFTWARE AS A SERVICE

Anggit Dwi Hartanto, Fitria Utami

Intisari / Abstract


Pesankos.com adalah sebuah sistem reservasi kamar kos berbasis web yang dibangun dengan menerapkan model layanan software as a service cloud computing. Penerapan software as a service cloud computing pada website pesankos.com ini memungkinkan pesankos.com dapat digunakan oleh banyak klien. Para pemilik kos cukup mendaftar ke pesankos.com untuk dapat mempromosikan kosnya dan memperoleh pelanggan dan mereka tidak perlu membuat sistem informasi sendiri. Selain itu dengan pesankos.com, pencari kos tidak perlu mencari kos dari satu tempat ke tempat yang lain, mereka cukup melakukan pencarian pada website pesankos.com, memilih kos yang diinginkan dan kemudian melakukan reservasi dengan mengisi formulir reservasi yang tersedia di website.

Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model layanan software as a service cloud computing pada website pesankos.com ini dapat mempermudah pencari kos dalam menemukan kos yang paling cocok dengan keinginan mereka serta dapat memperkecil biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik kos jika mereka ingin mempromosikan kosnya melalui media website.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiyanto, Alex, 2012, ”Pengantar Cloud Computing”, www.cloudindonesia.org

Burford, David, 2010, ”Cloud Computing : A Brief Introduction”, http://www.ladenterprizes.com/

Hendro Martono, Galih, ”Tren Cloud Computing”, http://www.ilmukomputer.com/

Kusrini, 2006, “Strategi Perancangan dan Pengolahan Basis Data”, Yogyakarta: Penerbit ANDI

Utami, Ema dan Sukrisno, 2005, “Konsep Dasar Pengolahan dan Pemrograman Database dengan SQL Server, Ms. Access, dan Ms. Visual Basic”, Yogyakarta: Penerbit ANDI

W.Purbo, Onno dan Aang Arif Wahyudi, 2001, ”Mengenal eCommerce”, Jakarta

http:// achmatim.net diakses Maret 2012

http://blog.rosihanari.net diakses Maret 2012

http://www.20thingsilearned.com/ diakses Januari 2012


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.