SISTEM PAKAR E-TOURISM PADA DINAS PARIWISATA D.I.Y MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Rizki Wahyudi, Ema Utami, M. Rudyanto Arief

Intisari / Abstract


Seiring dengan Visi dan Misi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta untuk meningkatkan daya saing dan penyerapan wisatawan dibutuhkan ide yang inovatif Salah satu alternatif yang dikembangkan dan dipandang efektif adalah dengan melakukan promosi melalui Internet. Saat ini telah berkembang promosi, pemasaran, dan penjualan produk pariwisata (E-Commerce). Sedang dalam bidang Pariwisata yang berbasis teknologi informasi dikenal dengan sebutan E-Tourism. E-Tourism adalah pendigitalan semua proses dan merangkaikan keuntungan dalam lingkup pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem pakar yang mampu mengidentifikasi kriteria-kriteria obyek wisata untuk pemilihan destinasi. Sistem pakar ini berbasis web menggunakan pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Metode inferensi yang digunakan adalah forward chaining, yaitu memulai pencarian dari premis atau data masukan berupa kriteria-kriteria menuju pada konklusi yaitu obyek wisata dicari untuk penelusuran menggunakan Depth-first search. Pengujian dilakukan dengan dua cara yaitu pengujian Alpha menggunakan blackbox melakukan pengecekan permodule yang mana kesimpulannya semua module dapat bekerja dengan baik, kedua pengujian Beta menggunakan kuisioner dengan memakai variabel Usability dan Information Quality yang kesimpulannya 50% responden aplikasi web dapat digunakan dengan mudah, 60% responden setuju aplikasi sesuai dengan kebutuhan untuk pemilihan obyek wisata.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Manaf, Binti, Siti Fauziah, 2005, Intelligent Tour Guide Assistant. Thesis, Faculty of Information Technology And Quantitative Science, Universiti Teknologi MARA

Akinnuwesi B.A, and Uzoka F.M.E, 2009, “A Framework of Web Based Fuzzy Expert System for Managing Tourism Information”., Georgian Electronic Scientific Journal: Computer Science and Telecommunications. No.3 (20), Canada.

Lee, A,S., 2007, Action Is an Artifact: What Action Research and Design Science Offer to Each Other, Springer, Laredo, Texas, USA.

Moli, G. Poyya. 2011. Community Based Eco Cultural Heritage Tourism for Sustainable Development in The Asian Region : A Conceptual Framework. International Journal of Social Ecology and Sustainable Development. Vol. 2. No. 2. pp. 66-80.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.