PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI UNTUK PENGELOLAAN KEPEMIMPINAN DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH KOTA YOGYAKARTA

Jefree Fahana, Ema Utami, Armadyah Amborowati

Intisari / Abstract


Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta memiliki sekolah dengan jumlah 60 unit dari jenjang SD, SMP sampai dengan SMA. Untuk dapat melakukan pengelolaan kepemimpinan dengan baik dengan memanfaatkan perkembangan SI/TI perlu dilakukan suatu perencanaan strategis sistem informasi. Tujuannya adalah untuk mencapai tujuan organisasi. Perencanaan ini akan mengacu kerangka kerja Ward and Peppard (2002) dengan alat analisis menggunakan Value Chain dan PEST serta analisis portofolio Mc Farlan.
Pada hasil analisis Value Chain akan diketahui fungsi bisnis organisasi dan area fungsi organisasi. Kemudian dari fungsi dan area fungsi dapat ditarik suatu proses bisnis organisasi yang dapat dipetakan pada aktivitas utama dan aktivitas pendukung. Dari masing-masing aktivitas ini akan di dapatkan kebutuhan SI untuk pengelolaan tersebut. Sedangkan hasil analisis PEST di dapatkan strategi bisnis untuk mengatasi kondisi politik, ekonomi, sosial, dan teknologi yang mempengaruhi kebijakan organisasi. Hasil akhir kedua analisis tersebut berupa kebutuhan sistem informasi untuk mengelola kepemimpinan di sekolah Muhammadiyah. Setelah kebutuhan SI didapatkan maka dilakukan analisis portofolio dengan kerangka kerja Mc Farlan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alas M, S, 2013, Analisis Dukungan Sistem Informasi untuk Strategi Internal Perguruan Tinggi (Studi Kasus: SITU Unpas), http://digilib.itb.ac.id/download.php?id=87476 (diakses tanggal 1 Desember 2014)

Anonim, 2015, Kumpulan Peraturan Pendidikan Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I. Yogyakarta, Yogyakarta

Hartono, J, 2006, Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif Edisi Dua, Andi Offset, Yogyakarta

Kurniawan, B, 2011, Enterprise Architechture Planning Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Swasta dengan Zachman Framework (Study Case di UNIKOM Bandung), Majalah Ilmiah UNIKOM, Bandung, http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/enterprise-architecture.x/volume-91-artikel-3.pdf (diakses tanggal 15 Agustus 2015)

Sallis, E, 2011, Total Quality Management In Education Manajemen Mutu Pendidikan, IRCiSoD, Yogyakarta

Santiko, I, 2012, Perencanaan Strategik Sistem Informasi (Studi Kasus STMIK AMIKOM Yogyakarta), Tesis, Magister Teknik Informatika, STMIK AMIKOM, Yogyakarta

Setiana, W, S, 2013, Penyelarasan Strategi Bisnis dengan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Konsep Value Chain, http://digilib.itb.ac.id/download.php?id=87285. (diakses tanggal 1 Desember 2014)

Surendro, K, 2009, Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi, Informatika, Bandung

Susanto, A, F, Mahendrawati ER, Khakim Ghozali, 2013, Analisis Perbandingan Portofolio Aplikasi Menggunakan Teknis BSC, CSF dan SWOT (Study Case: Univ. Darul Ulum Lamongan), http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Proceeding-20160-MMT%20XV%20Fajar%20Annas%20Unggah.pdf (diakses tanggal 12 Agustus 2014)

Ward, J, Peppard, J, 2002, Strategic Planning For Information Strategy, 3rd Edition , John willey & sons, LTD, England

Widyaningsih, P, 2012, Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Institusi Pendidikan Tinggi Menggunakan Analisis CSF (Study Case: STIMIK Duta Bangsa Surakarta), https://www.academia.edu/6398908/PERENCANAAN_STRATEGIS_SISTEM_INFORMASI_PADA_INSTITUSI_PENDIDIKAN_TINGGI_MENGGUNAKAN_ANALISIS_CRITICAL_SUCCESS_FACTORS_Studi_Kasus_SMIK_Duta_Bangsa_Surakarta (diakses tanggal 10 Desember 2014)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.