TINJAUAN ASPEK HEURISTIK UNTUK MENGEVALUASI TAMPILAN ANTAR MUKA WEBSITE PEMERINTAHAN (STUDI KASUS WEBSITE PEMERINTAHAN X)

Yekti Utari Winarni, Vickky Listyaningsih, Pawit Srentiyono, Eva Purnamaningtyas, R Bagus Bambang S

Intisari / Abstract


Perkembangan teknologi saat ini telah berkembang pesat, informasi yang diperlukan bersifat cepat, akurat dan up to date. Informasi menjadi kebutuhan yang sangat penting karena hal tersebut berdampak terhadap tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan instansi pemerintahan. Instansi X  yang menjadi salah satu pilot project Zona Integritas dituntut memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan instansi X. Website instansi X dengan alamat http://www.yyy.go.id menjadi bentuk perwujudan pelayanan dalam dunia internet dan sekaligus menjadi media publikasi bagi masyarakat luas. Hal ini melatarbelakangi penulis untuk mengevaluasi tampilan antar muka menggunakan metode Heuristik. Penelitian yang dilakukan adalah mengevaluasi tampilan antar muka dan membuat rekomendasi dari evaluasi yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi tampilan antar muka yang diharapkan website tersebut bisa berfungsi memudahkan masyarakat dalam segala kebutuhannya terhadap instansi X dalam mewujudkan pelayanan prima oleh instansi X.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Caesaron Dino. 2015. Evaluasi Heuristic Desain Antar Muka (Interface) Portal Mahasiswa (Studi Kasus Portal Mahasiswa Universitas X). Jurnal Metris, 16 : 9 – 14

Nielsen, Jakob. 2005. M4 L4 Nielsen’s Ten Heuristics, NPTEL – Computer Science and Engineering –Human-Computer Interaction, ISSN 1548-5552. Page 1-6.

Nielsen, J. and Molich, R. 1990. “Heuristic Evaluation of User Interfaces”, In Proceedings of ACM CHI’90 Conference on Human Factors in Computing Systems, pp. 25-62

Ridwan, A. 2007. Pengukuran Usability Aplikasi Menggunakan Evaluasi Heuristik. Jurnal Informasi Komputer vol 12. Hal. 218-228.

Inc, Zona Research. 1999. The Economic Impacts of Unacceptable Web-Site Download Speeds. A White Paper, Apri.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.