PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI STATIC TUNNEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN DUAL STACK

Heri Sismoro, Emilya Ully Artha

Intisari / Abstract


Kemajuan teknologi informasi mendukung segala kebutuhan dan permintaan akan informasi bagi setiap individu melalui penciptaan media penyajian informasi, yang digunakan untuk menyampaikan informasi sesuai dengan yang diinginkan. Dalam perkembangan teknologi jaringan komputer semakin meningkatnya kebutuhan untuk penggunaan informasi berbasis jaringan internet mengakibatkan persediaan IPv4 semakin berkurang. Dibutuhkan protokol jaringan komputer yang mampu menggantikan peran IPv4 saat ini yang semakin berkurang. IPng (Next Generation) atau dikenal juga IPv6 dirancang sebagai perbaikan IPv4, dan bukan merupakan perubahan yang extrim dari IPv4. Fungsi-fungsi yang terdapat pada IPv4 juga terdapat pada IPv6, sedangkan fungsi-fungsi yang tidak bekerja pada IPv4 dihilangkan pada IPv6. Diperlukan suatu mekanisme transisi agar paket IPv6 dapat dilewatkan pada jaringan IPv4 yang telah ada atau sebaliknya. Salah satu mekanisme yang bisa digunakan adalah automatic tunneling atau disingkat Tunnelling. Untuk lebih memudahkan pemahaman mahasiswa dalam proses pembelajaran jaringan komputer atau komunikasi data maka dibutuhkan suatu alat yang dapat digunakan untuk menjembatani kedua protokol tersebut. Perlu dibangun sebuah sistem yang dapat digunakan untuk melihat bentuk komunikasi data tersebut. Dimana nantinya transisi data dari 32 bit ke 128 bit mengalami perubahan di sisi routing. Penelitian ini akan menggunakan metode studi literatur untuk memperoleh dan mempelajari data-data yang terdapat di Laboratorium jaringan komputer. Untuk mempermudah pemahaman dibuat kedalam simulasi dan menggunakan routing information protocol (RIP) guna menghubungkan antar mesin router.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Achmad fajar R., Mulyana, Asep., Riza, Tengku Ahmad., 2011, Implementasi dan analisis perbandingan dual stack dan translasi NAT-PT sebagai mekanisme transisi IPv4 ke IPv6, https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/92293/resume/implementasi-dan-analisis-perbandingan-dual-stack-dan-translasi-nat-pt-sebagai-mekanisme-transisi-ipv4-ke-ipv6.pdf.

Albkerat,Ali., Bijju, Issac, 2014, Anlysis of IPv6 transition technologies, International journal of computer networks & communication (IJNC), Vol 6

Arafat M., Ahmed .F and Sobhan, M. (2014). On the migration of a large scale network from IPv4 to IPv6 environtment, International Journal of Computer Networks and Communications (IJCNC).

Lestari, Reni., 2011, menganalisa kinerja antara metode tunneling 6to4 dengan metode dual stack berbasis protocol ipv6 menggunakan router mikrotik (studi kasus PT Time Excellindo) repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_07.11.1568.pdf

Narayanan, A., Mohideen, M. and Raja, M. 2012, IPv6 tunnelling over IPv4, International Journal of Computer Science Issues (IJSI)

Stalling, William, 2002, Komunikasi data dan computer jaringan computer, Salemba Teknika


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.