ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN SISTEM INFORMASI DIKLAT BERDASARKAN MODEL SERVQUAL (STUDI KASUS PADA BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN (BTKP) DIY)

Fiqih Akbari, Nanik Hidayati, Elvina Wahyuningsih, Megantoro Megantoro, Mohammad Santosa M D, Fuad Hasan

Intisari / Abstract


Guru berperan penting untuk suksesnya reformasi pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan merupakan fokus perubahan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia. Upaya pengembangan kemampuan profesionalitas guru secara terus-menerus dilakukan oleh Diklat Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan DIY, salah satu jenis pelayanannya adalah website btkp-diy.or.id dalam memberikan informasi suatu kegiatan secara online untuk menyelenggarakan diklat. Namun permasalahannya adalah fitur yang disediakan dalam pelayanan website tersebut masih kurang interaktif.

Metode analisis peneletian ini menggunakan konsep model ServQual didasarkan pada skala multi item yang dirancang untuk mengukur harapan dan persepsi guru, model ini juga dikenal dengan model Gap analisis sering digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan. data pada model ini didapatkan dari hasil kuisioner yang diisi oleh responden, baru kemudian didapat nilai kualitas pelayanan untuk fitur website yang lebih baik.

Hasil penelitian ini berupa kepuasan guru terhadap tampilan website diklat BTKP DIY yaitu http://btkp-diy.or.id/ dimana kepuasan guru ditentukan dengan menghitung selisih antara nilai kenyataan yang diterima guru dan nilai harapan guru terhadap tampilan website http://btkp-diy.or.id/. Dari perhitungan tingkat kepuasan guru dengan dimensi ServQual dan Gap analisis maka akan dihasilkan suatu nilai atribut untuk mempertahankan atau meningkatkan tampilan dari website btkp-diy.or.id.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Fandy Tjiptono. 2005. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi

Riduwan. 2005. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Zeithaml, Valarie A., Leonard L. Berry, and A. Parasuraman. 1985. Problem and Strategis in Services in Strategis in Services Marketing.ā€¯Journal of Marketing. April. pp.35-48


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.