TEKSTUR MODEL TIGA DIMENSI FURNITURE MENGGUNAKAN METODE SEAMLESS UNWRAPPING MATERIAL

Bhanu Sri Nugraha

Intisari / Abstract


Dalam proses menghasilkan obyek tiga dimensi yang nyata, dibutuhkan teknik modelling, pembuatan tekstur dan pemilihan material yang sesuai. Dengan menggunakan pola tekstur yang sesuai akan berpengaruh terhadap detail obyek dan kesesuaian model dengan bentuk aslinya. Perlu dicermati pula efisiensi penggunaan memori dan media penyimpan data di komputer.

Pemilihan penggunaan seamless unwrapping material diharapkan dapat membantu mencapai target hasil model tiga dimensi yang lebih realistis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemiripan obyek 3d yang dihasilkan komputer, menggunakan metode seamless unwrapping material dibandingkan dengan obyek aslinya berupa meja komputer.

Dengan menggunakan teknik komparasi foto, akan diukur tingkat kemiripan obyek asli yang difoto dengan model 3D yang dibuat dengan teknik modelling dan tekstring tanpa jahitan ( seamless), dimana peneliti tidak memasukkan parameter pencahayaan sebagai unsur penelitian.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Suyanto, M. 2004. Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran, Andi: Yogyakarta.

Roostrianingrum. 2010. Perancangan Desain Interior menggunakan Aplikasi 3DS MAX pada Rumah Kediaman Ibu Retno Di Maguwoharjo,Sleman , Tugas Akhir.

Megawati. 2010 . Peta Bangunan STMIK AMIKOM YOGYAKARTA Dengan Animasi 3D Max, Skripsi.

Setyawan . 2011. Perancangan Virtual Reality Sebagai Media Promosi Pada PT. ARYAGUNA PUTRA, Tugas Akhir.

Suhada. 2012 . Implementasi 3D Studio MAX Dan Adobe Director Untuk Pembuatan Virtual Reality Rumah Minimalis Modern “Studi Kasus CV.Fokus Design Consultant”, Skripsi.

Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi: Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.