PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SKEMA DASAR MESIN MOTOR

Tonny Hidayat, Syam Botayib Sikin

Intisari / Abstract


Perkembangan teknologi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyusaikan informasi dan sebagainya. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengmbangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang maksimal. Demikian juga bagi pelajar, dengan multimedia diharapkan mereka akan lebih mudah untuk menentukan dengan apa dan bagaimana siswa untuk dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien. Sumber informasi tidak terfokus pada teks dari buku semata mata tapi lebih luas dari itu. Kemampuan teknologi multimedia yang telah terhubung internet akan semakin menambah nkemudahan dalam mendapatkan informasi yang diharapkan.

 Pengertian sparepart adalah suatu barang yang terdiri dari beberapa komponen yang membentuk satu kesatuan dan mempunyai fungsi tertentu. Setiap alat berat terdiri dari banyak komponen, namun yang akan dibahas komponen yang sering mengalami kerusakan dan penggantian. Ada beberapa komponen yang juga terdapat didalamnya beberapa komponen kecil, misalnya engine yang mempunyai komponen didalamnya yaitu fuel injection pump, water pump, starting motor, alternator, oil pump, compressor, power steering pump, turbochanger, dan lain-lain. Setiap sparepartmempunyai fungsi tersendiri dan dapat terkait atau terpisah dengan sparepart lainnya. Misal starting motor akan terpisah fungsi kerjanya dengan alternator, walapun secara tidak langsung juga ada hubungannya. Dimana alternator berfungsi untuk mengahsilkan listrik untuk mengisi aki (accu/batere), sedangkan starting motor berfungsi untuk menghidupkan engine dengan menggunakan listrik dari aki.

 Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran pengenalan sparepart berbasis meultimedia interaktif. Selain materi utama disediakan pula kuis atau soal interaktif. Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan multimedia interaktif ini yaitu Adobe Flash CS3 dan perangkat lunak pendukung lainnya.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Fauzi, S. (2013). Pengembangan media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Autoplay Media Studio 7.5 pada Pokok Bahasan Karburator Di SMK Muhamadiyah 6 Rogojampi Banyuwangi. Universitas Islam Malang. Skripsi Terpublikasikan di Perpustakaan.

Munir. 2012. Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suyanto, M, 2003. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.

Turban, Efraim., McClean, Ephraim., Wetherbe. James (2001). Information Technology for Management Making Coinnections for Strategis Advantage.3nd Edition, John Wiley &Sons.Inc.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Darmawan, D. 2012. Teknologi Pembelajaran. Badung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.