SISTEM PAKAR PENENTUAN KONSENTRASI PENJURUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA BAYES

Ike Verawati

Intisari / Abstract


Pemilihan konsentrasi penjurusan bukan hal yang mudah bagi mahasiswa. Terkadang ketika mahasiswa tersebut tidak bisa mengenali kemampuan dan kelebihan pada dirinya, mereka cenderung mengikuti pilihan yang diambil oleh temannya. Hal ini tentu saja bisa menghambat kelancaran kegiatan perkuliahan terutama ketika pengambilan tema untuk skripsi. Mahasiswa yang mengambil skripsi tidak sesuai dengan minatnya cenderung lama dalam penyelesaian skripsinya dan berkemungkinan lulus lewat dari 5 tahun. Hal ini bertentangan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 49 Tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan tinggi mensyaratkan masa studi terpakai bagi mahasiswa untuk program sarjana (S1) maksimal 5 tahun. Nilai akademis yang dicapai pun tidak sebaik mahasiswa yang mengambil konsentrasi sesuai peminatannya. Usulan penelitian ini mencoba merancang dan membuat suatu model aplikasi menggunakan Algoritma Bayes yang bisa membantu mahasiswa untuk memilih suatu konsentrasi penjurusan yang tepat. Dalam prosesnya, Algoritma Bayes akan melewati 6 tahapan yaitu business understanding, tinjauan pustaka, data understanding, data preparation, modelling, pengujian dan deployment. Jumlah konsentrasi atau hipotesa yang digunakan pada penelitian ini mengambil sample konsentrasi di jurusan S1. Teknik Informatika di STMIK AMIKOM Yogyakarta yaitu multimedia, pemrogaman dan jaringan. Parameter (evidence) yang dipakai adalah nilai-nilai matakuliah wajib yang sudah diambil oleh mahasiswa di semester 1 sampai dengan semester 4. Jumlah data latih yang akan digunakan untuk mendapatkan nilai probabilitas sebanyak 100 dan data uji sebanyak 50. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing dengan menguji fungsionalitas dari aplikasi yang dibuat. Hasilnya Algoritma Bayes dapat mengeluarkan suatu solusi konsentrasi yang bisa diambil mahasiswa.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Hartatik, “Penerapan Algoritma Learning Vector Quantization Untuk Prediksi Nilai Akademis Menggunakan Instrumen Ams (Academic Motivation Scale)”, Jurnal DASI, vol. 16, 2015, pp. 53-58.

Zusho and R.P. Pintrich, "Skill and will: the role of motivation and cognition in the learning of college chemistry", International Journal of Science Education, Vol. 25, 2003, pp. 0950–0963.

Y. Wibisono, “Metode Statistik”, Gadjah Mada University Press : Yogyakarta, 2009.

Kusrini, “aplikasi sistem pakar, menentukan faktor kepastian pengguna dengan metode kuantifikasi pertanyaan”, Andi : Yogyakarta, 2008.

S.B. Todd, “An Introduction to Expert Systems ”, First Edition, England : OxFord University Computers Laboratory, Februari 1992.

Hartatik, et al, "Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Hama Tanaman Jahe Menggunakan Teorema Bayes", Jurnal DASI, vol 16, no. 2, 2015, pp 27-31.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.