SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELAYAKAN KREDIT PINJAMAN UKM DI KOPERASI SEJAHTERA

Andri Syafrianto

Intisari / Abstract


Kabupaten Cirebon merupakan salah satu daerah di Pantura (Pantai Utara Jawa) yang menjadi sentra usaha UKM telur asin. Salah satu kendala yang sering dimiliki oleh UKM ini adalah kesulitan modal dalam pengembangan usahanya. Koperasi Sejahtera sebagai salah satu koperasi  pemerintah merupakan salah satu tempat yang bisa memberikan bantuan modal ke pengusaha UKM. Selama ini nominal pinjaman yang diberikan ditentukan oleh bagian peminjaman. Beberapa pinjaman terkadang tidak objektif dalam penentuan nilai nominalnya. Oleh karena itu, dibuatkan suatu sistem yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan terkait nominal pinjaman yang diberikan. Algoritma yang digunakan dalam pembuatan sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto. Parameter yang dijadikan kriteria pemberian bantuan modal pinjaman ada 3 yaitu omset yang didapat perbulan, lama perusahaan berdiri dan nilai jaminan yang diberikan. Untuk mencari nilai keangotaannya masing-masing variabel akan menggunakan berbagai macam kurva. Untuk variabel omset menggunakan kurva linier, variabel lama perusahaan menggunakan kurva linier, variabel jaminan yang diberikan menggunakan kurva linier, sedangkan nilai nominal pinjaman yang diberikan menggunakan gabungan kurva linier dan segitiga. Nilai keanggotaan ini kemudian dicari nilai fire strengt dan nilai bobotnya untuk kemudian dicari nilai z rata-rata terbobot. Nilai z rata-rata terbobot inilah yang dijadikan acuan dalam menentukan jumlah pinjaman yang dapat diterima oleh UKM tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamid, E.S., 2010, Pengembangan UMKM Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Simposium Nasional.

Turban, E., Aronson, S.E., Liang, P.T., 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems, Andi, Yogyakarta.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., Wardoyo, R., 2006, Fuzzy Multi-Atribute Decision Making (Fuzzy MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Rakhman, A.Z., et al, 2012, Fuzzy Inference System Dengan Metode Tsukamoto Sebagai pemberi Saran Pemilihan Konsentrasi (Studi Kasus : Jurusan Teknik Informatika UII), SNATI 2012, Yogyakarta.

Kusumadewi, S., Purnomo, H., 2010, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Amelia, R., 2013, Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto Pada Penentuan Harga Jual Barang Dalam Konsep Fuzzy Logic, Pelita Informatika Budi Darma, Volume 5, Nomor 3.

Maryaningsih, Siswanto, Masterjon., 2013, Metode Logika Fuzzy tsukamoto Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa, Jurnal Media, Volume 9, Nomor 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.