Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prestasi Akademik Siswa dengan Metode TOPSIS

Amelia Nur Fitriana, Harliana Harliana, Handaru Handaru

Abstract


Pengambilan keputusan pada suatu lembaga/sekolah merupakan hal yang sangat penting. Kepala sekolah seharusnya mengambil sebuah keputusan berdasarkan perhitungan dan pemikiran jangka panjang agar keputusan menentukan prestasi akademik siswa yang akan diambil tidak salah. Di MA Darul Masholeh masih terdapat masalah dalam membuat laporan pembelajaran siswa, untuk menentukan siswa yang berprestasi hanya ditentukan menggunakan nilai rapot, belum adanya pemanfaatan secara optimal data laporan penilaian hasil belajar siswa, masih adanya kesulitan untuk mengetahui pencapaian dari kegiatan pembelajaran siswa. Dengan menggunakan metode TOPSIS dapat mempermudah guru untuk menentukan prestasi akademik siswasecara tepat dan cepat, dimana metode topsis adalah salah satu metode pengambilan keputusan dimana alternative yang terpilih merupakan alternatif terbaik yang mempunyai jarak terdekat dari solusi ideal positif dan terjauh dari solusi ideal negatif. Dari pengujian 20 alternative dengan 6 kriteria yaitu hafalan al-qur’an, nilai rata-rata rapot, absensi, nilai minimal, total nilai dan piagam prestasi. Dari 20 alternative di dapatkan siswa yang berprestasi yaitu diurutan pertama Wildan dengan nilai preferensi relative 0,66, Kedua Ratna (0,64), ketiga Sinta (0,55), keempat Rini (0,50), Kelima Faisal (0,38) dan terakhir Sadriyah dengan nilai preferensi relative (0,00).

Decision-making in an institution/school is very important. School principals should take a decision based on the calculation and long-term thinking in order to decide on the academic achievement of students who will be taken not wrong. In MA Darul Masholeh there is still a problem in reporting student learning, to determine student achievement is only determined using rapot value, the lack of optimal utilization data reporting student learning outcomes assessment, there is still difficult to determine the achievement of student learning activities. By using TOPSIS method can simplify the teacher to determine academic achievement siswasecara precise and fast, which TOPSIS method is one method of decision-making in which the chosen alternative is the best alternative that has the shortest distance from the positive ideal solution and the farthest from the negative ideal solution. Of the 20 alternative testing with 6 criteria that memorizing the Qur'an, the average value rapot, absenteeism, minimum value, the total value and charter achievement. Of the 20 alternative in getting students who excel are listed first Wildfire with relative preference value of 0.66, the Second Ratna (0.64), third Sprott (0.55), fourth Rini (0.50), the Fifth Faisal (0.38) and the last Sadriyah with relative preference value (0.00).


Full Text:

PDF

References


Sari, L. P., 2013, Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Merek dan Tipe Sepeda Motor Berbasis WEB dengan Metode TOPSIS, Jurnal Ilmiah Pelita Informatika Budi Darma “Informasi dan Informatika”, Vol IV, No 3, Hal 78-83.

Aulia, R., 2013, Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa Di STTH Medan, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SNASTIKOM 2013), Medan, 13-14 Maret 2013.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., 2006, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Azmi, M., Sonatha, Y., Rasyidah, 2014, Pemanfaatan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Alokasi Dana Kegiatan (Studi Kasus Unit Kegiatan Mahasiswa Politeknik Negeri Padang), Jurnal Momentum, Vol 16, No 1, Hal 74-83.

Yang, G., Sun, L., 2010, A New Personalized Recommendation Technique Based On the Modified TOPSIS Method, International Journal of Advanced Computer Science and Application (IJACSA), Vol. 1, No. 2, Hal 8-13.

Saragih, H., Marbun, M., Reza, B., 2014, Development of Decision Support System Determining the Student as Scholarship Recipients by Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FMADM), Jurnal Sistem Informasi, Vol 9, No 2, Hal 75-82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.