Aplikasi Permainan Gomoku dengan Algoritma Negamax dan Alpha-Beta Search

Harris Kurniawan

Abstract


Permainan Gomoku adalah permainan dari jepang oleh dua orang yang dimainkan di atas papan Go. Go berarti lima, dan Moku adalah kata untuk batu yang berada di atas papan go dan narabe berarti berturut-turut. Pemain membuat aturan Renju agar permainan menjadi lebih variasi. Setiap pemain dapat mengetahui persis bagaimana posisi lawan dan pilihan langkah yang tersedia, berbeda halnya dengan permainan kartu, yang hanya dapat mengetahui kartu yang ada di tangan saja. Pemenangnya adalah pemain pertama yang mendapatkan 5 baris batu yang tidak terputus secara horizontal, vertikal, atau diagonal. Mencari pohon Negamax mengimplementasikan gagasan bahwa lebih buruk balasan lawan terbaik adalah, semakin baik Anda bergerak dan Alpa-Beta Search akan menganggap bahwa lawan adalah rasional ; yaitu , lawan bisa menghitung bergerak sebaik yang kita bisa, dan lawan akan selalu memilih langkah optimal dengan asumsi bahwa kita juga akan bermain dengan sempurna. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi permainan Gomoku yang dapat dimainkan pemain melawan komputer, juga komputer melawan komputer. Di mana daerah paling sudut di papan catur adalah daerah yang paling menguntungkan untuk setiap pemain. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan bahwa penggunaan metode Negamax dan dapat memberikan solusi pencarian langkah terbaik. Untuk mengetahui pemenang pada setiap permainan adalah dengan dengan jumlah biji hitam, maka pemenangnya adalah pemain dengan biji putih.

Gomoku game is a game from Japan which is played by two men on the Go board. Go means five, and Moku is the word for a stone that is placed on the board and go narabe mean respectively. Renju players make the rules so that the game becomes more varied. Each player can know exactly the opponent position and move options available, unlike the card game, which can only know that the card is in the hand alone. The winner is the first player to get 5 stones unbroken line horizontally, vertically, or diagonally. The Negamax tree implements the idea that poorer opponent is, the better you move and Alpa - Beta Search will assume that the opponent is rational; ie, the opponent can calculate the best move we could, and the opponent will always choose the optimal step with the assumption that we will play perfectly. The results of this research is the application of Gomoku game that can be played against the computer players, also the computer against the computer. Where the area in the corner of the chess board is the most profitable areas for each player. Based on the test results, it was found that the use of the method and can provide solutions Negamax search the best move. To determine the winner in each game is with the number of black seeds, then the winner is the player with the white beans.



Full Text:

PDF

References


Sridadi, U. B., 2003, Pemodelan dan Simulasi Olah Yudha (War Game Simulation), Jurnal Teknik UNJANI, Vol 2, No 1, hal 128-135.

Tanuwijaya, D., Implementasi Artificial Intelligence Pada Game Board Gomoku Dengan Menggunakan Aturan Renju, Jurnal Telematika Institut Teknologi Harapan Bangsa,

Chess Tree Search, http://www.cs.biu.ac.il/~davoudo/intro.html, diakses tanggal 4 Januari 2014.

Computer Chess Programming Theory, http://www.frayn.net/beowulf/theory.html, diakses tanggal 4 Januari 2014.

Open Computing Facility at University of California, Barkeley

http://www.ocf.berkeley.edu/~yosenl/extras/alphabeta/alpabeta.html, diakses tanggal akses 5 Mei 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.