Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa dengan Metode SAW

Wiwit Supriyanti

Abstract


Dalam setiap lembaga khususnya universitas, ada banyak beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa. Ada beasiswa yang bersumber dari pemerintah serta dari pihak swasta. Beasiswa ini dapat diperoleh apabila calon penerima dinilai memenuhi syarat yang telah ditentukan, sebagai contoh: IPK, pendapatan orang tua, jumlah saudara dan jumlah tanggungan orang tua, keaktifan mengikuti organisasi mahasiswa, prestasi dan lain-lain. Saat ini diperlukan aplikasi untuk mengembangkan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan rekomendasi beasiswa agar tepat sasaran dengan banyak kriteria yang dijadikan pertimbangan. Aplikasi yang dibangun untuk menyeleksi penerima beasiswa ini menggunakan program aplikasi lazarus. Metode yang dipilih untuk menyelesaikan permasalahan dengan banyak kriteria adalah Simple Additive Weighting (SAW), salah satu metode yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah Fuzzy MADM. Metode ini dipilih karena dapat menentukan bobot untuk setiap atribut, diikuti peringkat alternatif yang akan memilih penerima beasiswa berdasarkan bobot yang telah dibuat untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat yang akan menerima beasiswa.

In any particular university institutions, there are many scholarships are offered to students. There are scholarships from government sources as well as from the private sector. This scholarship can be obtained if considered eligible recipients who have been determined, for example : GPA, parental income, number of siblings and the number of elderly dependents, active following student organizations, and other accomplishments. Currently the application is necessary to develop a decision support system that can provide recommendations for the right target scholarships to many criteria taken into consideration. Applications built for selecting awardees lazarus application program. The method chosen to solve the problem with a lot of criteria is Simple Additive Weighting (SAW), one of the methods that can be used to solve the problem of fuzzy MADM. This method was chosen because it can determine the weights for each attribute, followed by alternative rankings will select scholarship recipients based on the weight that has been made to obtain more accurate results that will receive the scholarship.



Full Text:

PDF

References


Turban, E., et al., 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems, Andi, Yogyakarta.

McLeod, R. Jr, 1995, Management Information System, 6th Ed, Prentice Hall. Inc, New Jersey.

Kusumadewi, S., dkk, 2006, Fuzzy Multi-Atribute Decision Making (Fuzzy MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Nugroho, B., 2004, PHP & MySQL dengan Editor Dreamweaver MX, Andi, Yogyakarta.

Putra, A., Hardiyanti, D. Y., 2011, Penentuan Penerima Beasiswa dengan Menggunakan Fuzzy MADM, Seminar Nasional Informatika 2011 (semnasIF 2011), Yogyakarta, 2 Juli 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.