Sistem Pakar Pemetaan Kelas Siswa LBB “abc” Menggunakan Metode Forward Chaining

Ainul Yaqin, Ema Utami

Abstract


LBB “abc” merupakan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) yang dimana dalam pelaksanaannya tidak hanya sekedar siswa mendaftar dan ikut bimbingan. LBB “abc” juga melakukan pemetaan siswanya atau juga mengarahkan siswanya untuk diikutsertakan di kelas yang ada di LBB “abc” sesuai dengan spesifikasi siswa itu sendiri. Namun dalam pelaksanaan ketergantungan terhadap pakar sangat tinggi, pakar yang dimaksudkan adalah orang yang mampu dan memiliki aturan-aturan untuk memetakan siswa tadi di kelas yang tepat agar perkembangan anak optimal dan bisa berprestasi.Permasalahan yang mendasar adalah di saat seorang pakar tersebut berhalangan hadir. Dari permasalahan yang ada terdapat beberapa solusi yang ada pada saat ini seorang pakar membuat catatan manual untuk diwakilkan kepada orang yang mampu mewakilkannya apabila seorang pakar tersebut berhalangan hadir di tempat, ataupun juga data siswa dikirim ke pakar melalui email dan hasilnya dikirimkan kembali.Penerapan aplikasi sistem pakar ke dalam sistem pemetaan mampu memberikan solusi yang membantu untuk pemetaan siswa di LBB “abc”. Tingkat keakuratan sistem pakar di penelitian ini dalam memetakan adalah 96,67% dan persentase kesalahan sebesar 3,33%, diharapkan dapat membantu stack holder dalam sistem tersebut untuk membantu dalam membuat keputusan sehingga dapat memberikan saran kepada orang tua siswa untuk pengoptimalisasian anaknya agar bisa berprestasi.

Tutoring agency "abc" is a tutoring agency which in practice is not just students enroll and participate guidance. Tutoring agency "abc" also perform mapping class students also directs the students to be included in the class in which there is at tutoring agency "abc" in accordance with the specifications of the students. However, at the implementation is very high dependence on experts, experts who are capable of intended and have rules to map the student was in the right class that optimal development of children and can be accomplished.The fundamental problem is when an expert is unable to attend. Of the existing problems, there are several existing solutions is an expert at making manual records to be represented by people who can become his deputy if an expert is unable to attend on-site, or the student data is also sent to the experts through email and the results are sent back. Application of expert system applications into the mapping class students system is able to provide solutions that help to tutoring agency "abc". The accuracy of the expert system in the mapping system is 96.67% and the percentage error is 3.33%, which is expected to help stack holder in the system to assist in making decisions in order to provide advice to parents for their children to be able to perform optimizing.


Full Text:

PDF

References


Kusrini, 2006, Sistem Pakar. Teori dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Nurwarsito H., 2009, Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan dengan Metode Sistem Pakar, Electric Power, Electronic, Communication, Control, And Informatic Systems (EECCIS), Vol. III, No. 1, hal 57-61.

Andi. 2009. Pengembangan Sistem Pakar. C.V Andi Offset. Yogyakarta.

Wisnu, Y. U., 2009, Penerapan Metode Forward Chaining pada Penjadwalan Mata Kuliah, Jurnal Matematika dan Komputer Indonesia, Vol 1, No 2, hal 17-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.