Perancangan Dan Pembuatan Film Pendek Animasi “Tanya Sang Anak” Menggunakan Teknik Frame By Frame

Gustin Suji Almi Nur Handayani, Mei P Kurniawan

Abstract


Pembuatan animasi 2 Dimensi dapat dilakukan dengan berbagai teknik. Salah satunya adalah dengan teknik frame by frame dengan menggambar satu per satu sebuah gerakan per frame yang selanjutnya di gabungkan menjadi sebuah film animasi.

Teknik animasi yang paling simple adalah teknik menggambar frame by frame. Teknik ini adalah teknik paling tua dalam membuat film animasi berbasis 2 dimensi. Walaupun terbilang teknik yang cukup tua, negara Jepang sendiri masih menggunakan teknik ini dalam produksi animasi nya.

Ada beberapa tahapan dalam pembuatan animasi 2 dimensi dengan menggunakan teknik frame by frame ini. Yaitu tahapan pra produksi yang meliputi penentuan tema untuk ide cerita, pembuatan cerita dan naskah, logline, desain karakter, desain environtment, serta storyboard. Setelah itu masuk pada tahapan Produksi yang meliputi proses penggambaran karakter terdiri dari pembuatan key frame dan in between, colouring karakter, pembuatan background dan foreground, serta animating. Tahapan akhir yaitu pasca produksi yang meliputi edit audio, compositing, dan final export.

 

Kata Kunci: Animasi 2 Dimensi, 2D, Storyboard, frame by frame, teknik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INTECHNO Journal